Mau Semangat Belajar? Yuk Lakukan ini!

Liburan kenaikan kelas telah usai. Rasa senang tentu muncul atau malah bosan karena waktu liburan yang cukup panjang. Kini, meskipun sudah masuk sekolah, suasana liburan pasti masih terasa. Tapi itu bukan menjadi alasan untuk siswa bermalas-malasan. Di kelas yang baru, siswa harus menyulam kembali masa depan melalui kegiatan belajar di sekolah.

Nah, berikut ini ada trik jitu yang bikin kamu semangat belajar. Semoga trik ini membuat siswa semakin bergairah untuk memulai pembelajaran di kelas ya.

1. Mengingat kembali cita-cita di masa mendatang

Setiap siswa tentu memiliki cita-cita di masa mendatang. Dengan mengingat kembali cita-cita kita tentu kita akan berpikir bahwa untuk mencapainya diperlukan sebuah perjuangan. Semangat pun akan muncul karena meraih cita-cita bukanlah hal yang mustahil jika mau mulai berjuang.

2. Menghargai waktu

Setiap waktu dalam hidup kita adalah kesempatan untuk meraih prestasi-prestasi dalam hidup. Dengan menghargai waktu kita juga belajar disiplin. Memanfaatkan waktu sebaik-baiknya terutama untuk belajar dapat mengantarkan siswa pada pencapaian prestasi tertentu.

3. Jangan cepat puas

Meski baru awal masuk sekolah, jangan cepat puas jika di penilaian harian pertama memperoleh nilai tertinggi. Tentunya perlu terus berjuang agar nilai tersebut dapat dipertahankan. Atau siswa juga dapat meminta pengayaan materi agar memperoleh tingkatan ilmu yang lebih tinggi.

4. Berteman dengan si rajin

Jika kita memiliki teman dekat tentu kita akan sedikit banyak terpengaruh oleh karakter teman kita tersebut. Dengan berteman dengan teman yang rajin maka kemungkinan besar siswa akan terbawa untuk ikut rajin. Lebih bagus lagi jika siswa dapat belajar bersama dengan teman tersebut.

5. Menempelkan quote di dinding kamar

Quote adalah kalimat yang dianggap menarik, bermanfaat, dan bermakna yang dapat memperkuat diri atau memberi semangat untuk mencapai sebuah tujuan. Dengan menuliskan quote dan menempelkannya di dinding kamar tentu akan membuat siswa terus mengingat kata-kata penyemangat tersebut. Quote dapat dikutip dari potongan ayat alkitab atau boleh juga dari kata-kata seseorang yang menjadi idolamu.

6. Mengandalkan Tuhan

Sebesar apa pun usaha manusia jika Tuhan tidak berkenan maka segalanya akan mustahil untuk tercapai. Oleh karenanya dalam setiap belajar siswa perlu disertai dengan doa agar semuanya berjalan sesuai dengan kehendak Tuhan. Selain itu, menyerahkan setiap usaha kepada kekuatan Tuhan juga menjadikan hidup manusia menjadi lebih tenang. (Lucia Febriarlita)