MONOPOLI

“Pada hari ini aku telah membeli

kamu dan tanahmu untuk Firaun ….”

(Kej. 47:23)

Ada satu jenis permainan bernama Monopoli. Permainan ini bertujuan untuk membeli dan menguasai sebanyak mungkin tempat. Semakin banyak kepemilikan yang sudah dibeli dan dikuasai, maka orang lain yang berkunjung ke tempat kita akan dikenakan biaya yang besar. Semakin banyak kita memonopoli wilayah semakin kita berkuasa, dan semakin orang lain akan susah. Pada akhirnya si pemenang akan menjadi penguasa dalam monopoli dan yang semakin banyak hutang akan menjadi pihak yang kalah.

Dalam Alkitab juga ada cerita mengenai penguasaan tanah. Dalam Kejadian 47 dikisahkan bahwa di tanah Mesir dan sekitarnya terjadi kelaparan yang hebat. Untuk mendapatkan bahan makanan orang-orang harus membeli kepada Yusuf sebagai penguasa di Mesir. Ketika uang mereka habis, mereka harus menukar ternak mereka sebagai ganti membeli bahan makanan. Ketika ternak mereka habis, mereka menjual diri dan tanah milik mereka sebagai ganti bahan makanan. Dan akhirnya apa yang terjadi? Yusuf dan Firaun menjadi penguasa tunggal di Mesir dan orang-orang tidak punya apa-apa lagi untuk dijual, dan mereka semuanya menjadi hamba Firaun. Satu sisi Yusuf menolong mereka, tetapi pada sisi yang lain Yusuf semakin menyuburkan perbudakan dan membuat orang-orang menjadi tidak berdaya.

Youth, kita senang akan kekuasaan yang dimiliki. Gunakan kuasa itu untuk membangun dan bukan menghancurkan kepentingan bersama. Kekuasaan yang kita miliki hendaknya digunakan untuk menjadi berkat dan bukan menjadi batu sandungan bagi orang lain.

Apakah sistem monopoli?
Bagaimana memahami sistem perdagangan?

Pokok Doa: Mendoakan sistem untuk memberdayakan.

Sumber : https://www.ykb-wasiat.org/2018/08/22/