Homo Symbolicum

“Tiada suatu apa pun yang mustahil untuk-Mu!

Engkaulah yang menunjukkan kasih setia-Mu

kepada beribu-ribu orang ….”

(Yeremia 32:17-18)

Di jalan, kita bertemu berbagai tanda pengatur lalu lintas, seperti tanda dilarang berhenti, lampu pengatur lalu lintas, tanda penyeberangan dan lain sebagainya. Di gereja, kita melihat warna-warna liturgis seperti merah, hijau, ungu, putih. Demikian juga di rumah. Ada banyak tanda di rumah kita. Manusia tidak dapat dilepaskan dari tanda-tanda atau simbol-simbol. Karena itu manusia disebut sebagai makhluk simbolik atau homo symbolicum. Tanda-tanda atau simbol-simbol dibutuhkan oleh manusia untuk memaknai dan menandai berbagai situasi. Setiap simbol pasti memiliki makna dan bertujuan menjadikan hidup manusia lebih baik.

Dalam Yeremia 32:1-25, Yeremia memaknai pembelian tanah sebagai simbol penyertaan Tuhan. Mengapa demikian? Sebab membeli tanah bukanlah hal yang mudah. Selain harganya tidak murah, berbagai urusan dalam jual beli tanah amatlah rumit. Apalagi, pada saat Yeremia membeli tanah, kondisi ekonomi bangsanya terpu­ruk. Terpuruknya kondisi ekonomi berdampak pada melemahnya daya beli masyara­kat. Di saat penduduk Yerusalem tidak mampu hidup karena ekonomi sulit, Yeremia bisa membeli tanah dengan proses yang adil. Yeremia melihat itulah tanda baik yang diberikan oleh Tuhan. Tanda itu membuat ia makin bersemangat menjalani hidup, se­bab sesungguhnya di dalam Tuhan tiada sesuatu pun yang mustahil (Yeremia 32:17).

Teens, sekarang renungkanlah bagaimana Tuhan memberikan kepadamu tan­da-tanda agar kamu dapat melihat kasih setia Tuhan! Kamu bisa makan, sekolah, mengenakan baju yang pantas, sesungguhnya semua itu adalah simbol penyer­taan Tuhan dalam hidupmu. Bukankah kita sering mengabaikan hal-hal seperti itu? Ya, memang kita butuh kepekaan membaca tanda-tanda dalam hidup. Dari Yeremia 32:16-25, kita belajar bagaimana menjadi peka dalam membaca tanda-tanda kehidupan. Pembelajaran yang membuat kita semakin taat kepada Dia.

Sumber : https://www.ykb-wasiat.org/2018/10/08/