KEMBALI KEPADA TUHAN

Yeremia 3:6-14

“Sebab itu ingatlah betapa dalamnya engkau telah jatuh!

Bertobatlah dan lakukanlah lagi apa yang semula engkau lakukan.”

(Why. 2:5)

“Betapa mulia hati Ibu Ribka itu,” demikian perkataan bebera­pa orang tentang seorang perempuan bernama Ribka. Namun beberapa yang lain menyebutnya sebagai orang yang bodoh. Mengapa demikian? Pada saat karirnya sedang menanjak, suami Ibu Ribka pergi meninggalkannya demi perempuan lain. Beberapa tahun kemudian ketika keadaannya memburuk, di­pecat dari pekerjaan dan sakit-sakitan, suaminya memohon untuk diterima kembali. Ibu Ribka menerimanya, dan bahkan merawat sang suami hingga meninggalnya.

Tuhan sedih, marah dan kecewa kepada Israel yang telah dipilih dan diberkati-Nya menjadi bangsa pilihan, namun dengan begitu mudahnya meninggalkan Tuhan dan berpaling menyembah ilah-ilah lain yang menurut mereka lebih berkuasa daripada Tuhan. Walaupun marah, namun Tuhan ternyata tidak pernah berhenti menyayangi Israel. Tuhan tetap menyatakan cinta kasih-Nya kepada Israel dan meminta mereka kembali kepada-Nya.

Kisah hidup bangsa Israel merupakan gambaran dari ke­hidupan banyak orang yang mengaku percaya kepada Tuhan, mereka sudah dipelihara dan diberkati Tuhan, namun sering kali mereka malah melupakan Tuhan. Cinta kasih Tuhan ke­pada umat-Nya tidak pernah berubah, namun satu hal yang harus dilakukan yaitu segera kembali kepada Tuhan. Jangan biarkan kesempatan bertobat yang dianugerahkan Tuhan ber­lalu begitu saja. Menyesal kemudian tidak ada gunanya.

DOA:

Tolonglah kami Tuhan untuk selalu kembali kepada Engkau dalam segala hal.

Amin.

Mzm. 112; Yer. 3:6-14; Mat. 5:27-36

Sumber : https://www.ykb-wasiat.org/2018/10/10/