WASPADALAH TERHADAP PENYESAT

Maka mulailah Yesus berkata kepada mereka:

“Waspadalah supaya jangan ada orang yang menyesatkan kamu!”

(Mrk. 13:5)

Banyak ramalan mengenai hari kiamat yang membuat heboh masyarakat. Misalnya, ramalan suku Maya yang diangkat men­jadi film berjudul “2012.” Namun pada kenyataannya, ramalan-ramalan tentang hari kiamat tidak terbukti, sehingga tidak patut untuk dipercaya. Orang–orang Kristen khususnya, seha­rusnya tidak percaya pada ramalan dan jangan mau disesatkan.

Bagi orang Yahudi, bait Allah merupakan hal yang sangat penting dan sentral di dalam kehidupan mereka. Sewaktu Yesus berkata bahwa bait Allah akan diruntuhkan, para murid menjadi terkejut dan gelisah. Para murid beranggapan jika bait Allah dihancurkan, maka kesudahan dunia akan tiba. Yesus mengoreksi pemikiran keliru para murid. Memang benar bahwa bait Allah akhirnya dihancurkan pada tahun 70 M, namun Yesus memperingatkan para murid agar waspada supaya tidak tersesat. Yesus mengatakan akan ada banyak orang yang akan memakai nama-Nya, namun mereka akan menyesatkan banyak orang. Ada kabar mengenai perang, gempa bumi, dan kelaparan, namun itu belum kesudahan dunia, melainkan permulaan penderitaan menjelang zaman baru, di mana Mesias akan memerintah.

Pada masa kini, cukup sering kita mendengar berita tentang bencana alam, baik itu gempa, banjir, dan kekeringan, juga berita tentang kelaparan dan perang. Kita harus waspada, jangan tersesat oleh pengajaran akhir zaman yang palsu dan meng-gelisahkan bahwa semua itu adalah tanda akhir zaman.

REFLEKSI:

Waspadalah terhadap berita akhir zaman

yang menyesatkan dan janganlah gelisah.

Dan. 12:1-3; Mzm. 16; Ibr. 10:11-14 [15-18] 19-25; Mrk. 13:1-8

Sumber : https://www.ykb-wasiat.org/2018/11/18/